Pendidikan Karakter di Sekolah

Buku ini terutama diperuntukkan bagi para guru, calon guru, kepala sekolah, dan para pengembang pendidikan karakter agar memperoleh gambaran umum yang menyeluruh tentang persoalan pendidikan karakter yang dikembangkan di Indonesia ini. Lewat pengertian yang menyeluruh ini diharapkan mereka dapat mengembangkan sendiri secara real bagaimana pendidikan karakter akan dilakukan di sekolah mereka masing-masing baik lewat mata pelajaran mereka maupun kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. Harapannya, pendidikan karakter di sekolah formal semakin berkembang dan semakin banyak anak mengembangkan karakter mereka menjadi lebih baik dan kuat.

 

Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh

Hampir semua guru dan orang tua setuju bahwa pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam sebuah proses pendidikan. Melihat situasi sosial masyarakat kita saat ini, sudah saatnya pendidikan karakter dilaksanakan secara sistematis, strategis, utuh dan menyeluruh di sekolah. Bagaimana menerapkan pendidikan karakter dalam dinamika dan praksis pengelolaan sekolah kita? Bagaimana cara mendesain sebuah program pendidikan karakter? Pertanyaanpertanyaaan mendasar itu dapat ditemukan dalam buku ini. Uraian mengenai konsepkonsep dasar serta pemahaman yang memadai tentang pendidikan karakter utuh dan menyeluruh, kiranya dapat membekali para pendidik dan pemerhati pendidikan untuk memulai dan mengembangkan pendidikan karakter.

 

Strategi Pendidikan Karakter

Gagasan revolusi mental yang dilontarkan oleh Presiden Jokowidodo membangkitkan banyak tanggapan dari kalangan politisi, akademisi, dan pemerhati pendidikan. Dalam konteks pendidikan, pertanyaan utamanya adalah bagaimana lembaga pendidikan mampu melaksanakan revolusi mental sehingga sekolah dapat menjadi tempat pembentukan karakter siswa yang unggul, bertanggungjawab dan cinta pada nusa dan bangsa? Buku Strategi Pendidikan Karakter – Revolusi Mental dalam Lembaga Pendidikan menawarkan cara-cara strategis dan efektif bagi para pendidik dan pengelola sekolah agar mampu menerjemahkan revolusi mental dalam lembaga pendidikan melalui strategi pendidikan karakter yang efektif. Penulis buku ini, Doni Koesoema A, sudah malang melintang memberikan pelatihan Pendidikan Karakter bagi para guru dari tingkat dasar, menengah, maupun di pendidikan tinggi (universitas) dalam rangka pengembangan pendidikan karakter. Ia selain dikenal sebagai pemerhati pendidikan, juga dikenal sebagai pengembang pendidikan karakter utuh dan menyeluruh dalam konteks keindonesiaan. Buku ini menjadi buku keempat, setelah buku Pendidikan Karakter – Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (Grasindo, 2007), Pendidik Karakter di Zaman Keblinger – Mengembangkan Visi Guru sebagai Pendidik Karakter dan Pelaku Perubahan (Grasindo, 2009), Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh (Kanisius, 2013), yang memaparkan pemikiran dan gagasan Doni tentang pendidikan karakter utuh dan menyeluruh yang digagasnya sejak 2007. Banyak orang bertanya, bagaimana mendesain pendidikan karakter yang efektif? Buku Strategi Pendidikan Karakter ini memberikan jawabannya. Penulis memaparkan bagaimana cara-cara efektif lembaga pendidikan dalam mendesain program pendidikan karakter secara utuh dan menyeluruh. Penulis melihat bahwa selain karena pemahaman konseptual yang lemah, pendidikan karakter yang dijalankan bisa gagal karena pengelola lembaga pendidikan, Ketua Yayasan, guru, kepala sekolah belum memiliki strategi yang efektif bagaimana menerapkannya dalam lembaga pendidikan. Di sinilah buku ini memberikan solusi. Jawaban atas pertanyaan bagaimana lembaga pendidikan mampu mendesain secara efektif program pendidikan karakter sebagai bagian dari revolusi mental dapat Anda temukan dalam buku ini secara mendalam dengan beberapa contoh konkret yang bisa memperkaya praksis pendidikan karakter di lingkungan sekolah kita.