Terima kasih kepada Koran Jakarta atas pemuatan resensi buku “Motivasi Dirimu Gapai Suksesmu” pada Hari Jumat, 17 Maret 2017 yang ditulis oleh Saudari Husnul Aini, Alumni Universitas Mataram.

 

Berikut adalah cuplikan resensi tersebut.

 

Perkembangan teknologi membawa dampak signifikan masyarakat, baik dari gaya hidup maupun perkembangan psikologis. Semua serbacepat. Di satu sisi memudahkan kehidupan, di sisi lain membawa dampak negatif. Disadari atau tidak, etos bekerja keras dan pantang menyerah kian tergerus kebiasaan serba-instan.

 

Dampaknya, banyak orang harus distimulus dari luar. Untuk menjawab kebutuhan ini, muncul banyak motivator atau inspirator. Tidak ada yang salah menyemangati diri dengan mengikuti seminar motivasi. Namun, motivasi dari luar cenderung berefek singkat. Sebaiknya orang mampu memotivasi diri sendiri.

 

Kasus bunuh diri banyak terjadi karena tidak ada motivasi untuk hidup. Jika untuk bernapas saja dibutuhkan motivasi, apalagi menggapai kesuksesan. Sebenarnya ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan agar selalu termotivasi seperti diuraikan buku ini.

 

Tindakan berawal dari niat. Agar bisa memiliki motivasi kuat, orang harus punya niat tepat dan konkret. Tepat, artinya berasal dari diri sendiri. Otentik, bukan ikut-ikutan. Jika mau merenung secara jujur, pasti seseorang akan menemukan niat betul-betul murni. Hal tersebut akan memberi daya dorong besar dan kuat.

 

Adapun konkret, maksudnya goal yang ingin dicapai tidak perlu terlalu banyak. Sedikit, tetapi bisa dijalankan. Jangan sampai niat tersebut seperti kembang api yang hanya menyala sebentar. Niat harus terus-menerus bersinar. Selanjutnya menciptakan antusiasme. Bangunkan seluruh tubuh pada saat yang tepat fisik maupun rohani. Waktunya pagi hari karena durasi itu menentukan sehari penuh (halaman 12–14).

 

Selengkapnya dapat dibaca di portal berikut http://www.koran-jakarta.com/kiat-memotivasi-diri-agar-selalu-antusias/