Pemenang Games-Quiz Maret 2017 “Hari Dongeng Sedunia”

 

Pemenang 1 Fransisca Tining Akasiani

Rara Jonggrang Bandung Bondowoso, seorang laki-laki muda yang gagah berani berniat melamar putri nan cantik jelita. Putri itu bernama Rara Jonggrang. Rara Jonggrang menolak lamaran Bandung Bondowoso karena pemuda itu adalah pembunuh ayah Rara Jonggrang. Namun, Bandung Bondowoso memaksa dan membuat Rara Jonggrang ketakutan. Akhirnya, Rara Jonggrang mau menerima lamaran Bandung Bondowoso tapi dengan syarat. Syarat yang diajukan Roro Jonggrang yaitu Bandung Bondowoso diminta membuat 1.000 candi dalam waktu semalam. Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan Rara Jonggrang. Untuk memenuhi syarat yang diminta, Bandung Bondowoso minta bantuan para jin. Dengan bantuan para jin, Bandung Bondowoso hampir berhasil membangun 999 candi. Melihat Bandung Bondowoso hampir berhasil membangun candi yang diminta, Rara Jonggrang minta bantuan para gadis desa untuk memukul lesung dan menyalakan api di bagian timur. Para jin yang mendengar bunyi lesung dan melihat sinar di bagian timur desa merasa ketakutan. Mereka pikir hari sudah mulai pagi. Para jin itu takut dengan sinar matahari. Akhirnya, mereka lari ketakutan dan kembali ke tempat persembunyian. Melihat hal ini, Bandung Bondowoso marah sekali. Dia tahu perbuatan Rara Jonggrang yang membuat para jin lari ketakutan. Dengan kemarahan yang meluap, akhirnya Bandung Bondowoso menyihir Rara Jonggrang menjadi candi yang ke-1.000. Nasihat dari dongeng ini adalah jangan memaksakan kehendak kita kepada orang lain, Pemaksaan kehendak bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

Pemenang 2 Tania Arindita

Kisah dongeng yang menarik dan masih diingat menurut saya : Hansel dan Gretel, kakak adik yang hidup bahagia bersama ayah dan ibunya. Suatu ketika, ibunya meninggal dan ayahnya mengambil ibu baru yang jahat. Ibu tirinya tidak menyukai Hansel dan Gretel sehingga mereka disuruh terus bekerja dan diberi makan satu kali. Sang ibu tiri berencana menyuruh anak-anak tersebut pergi ke hutan dan akan meninggalkannya disana. Namun Hansel dan Gretel mendengar rencana tersebut. Keesokan harinya, Hansel punya ide mengumpulkan batu-batu kecil putih yang akan ditinggalkan di jalan-jalan yang dilalui oleh mereka. Batu-batu kecil itu terlihat bila terkena cahaya bulan. Setelah ayah dan ibu tirinya pergi ke hutan untuk menebang kayu dan meninggalkan mereka, Hansel dan Gretel yang ada di hutan mencoba pulang dengan mengikuti petunjuk dari batu-batu kecil yang tadi dijatuhkan di sepanjang jalan yang telah mereka lewati hingga akhirnya bisa sampai ke rumah. Sang ibu tiri yang tidak percaya bahwa anak-anak tersebut bisa pulang kembali ke rumah, maka mencoba mengulang perlakukan yang sama keesokan harinya. Tetapi karena batu-batu kecil yang dipakai Hansel dan Gretel disembunyikan oleh sang ibu, maka mereka memakai potongan-potongan roti yang dijatuhkan di jalan sambil berjalan. Tapi malang, jejak yang sudah dIbuatnya susah payah dimakan oleh burung-burung kecil. Sehingga Hansel dan Gretel tidak lagi bisa pulang kerumah. Saat malam menjelang, mereka tertidur dengan pulas di bawah pohon. Saat terbangun, mereka mencium aroma masakan yang sangat lezat yang berasal dari rumah kue. Cepat-cepat mereka mendekati rumah itu dan memakannya. Tiba-tiba terdengar suara keras dari seorang nenek sihir tua dan menangkap mereka. Lalu memasukkannya ke dalam penjara sambil mengatakan akan memakan mereka. Tidak kehabisan akal, Hansel dan Gretel mencoba lolos dari sekapan nenek sihir tua itu dengan mendorongnya ke tungku api. Setelah berhasil lolos, mereka kembali ke rumah dibantu oleh angsa yang menunjukkan jalan bagi mereka berdua. Tanpa mereka ketahui sebenarnya angsa itu adalah Ibu mereka yang ada di surga. Setelah itu muncul Ayah mereka yang sangat cemas dan meminta maaf tidak akan meninggalkan mereka lagi. Pesan moral cerita : Berdoa dan pantang menyerah untuk menghadapi berbagai masalah.

 

Pemenang 3 Srigading Dwi Lestari

Cerita dongeng yang sampai sekarang masih saya ingat adalah Klething kuning lan ande-ande Lumut. Saat saya kecil, buku termasuk barang berharga yg hanya orang-orang tertentu saja yg mampu membelinya. Orangtua saya termasuk yang tidak mampu membeli buku-buku cerita untuk anak-anaknya.Tetapi mereka mempunyai tekad kuat untuk membuat kami, anak-anaknya, mempunyai pengetahuan yang luas, salah satunya dengan cara mendongeng saat waktu tidur. Saya ingat sekali, ibu saya selain bercerita juga suka bernyanyi di sela2nya. Saya tidak bosan-bosan untuk mendengarkan cerita klething kuning dan ande2 lumut. Klething kuning dan ande2 lumut merupakan dongeng/cerita rakyat yg terkenal dari Jawa Tengah. Menceritakan tentang ande2 lumut yang tampan mencari seorang istri. Adapun Klething kuning, klething abang, klething ijo, klething biru yg ingin mencoba untuk menemui ande2 lumut. Saat menyeberang sungai,mereka kesusahan, ada yuyu kangkang yang menawarkan bantuan dengan syarat harus mau dicium olehnya. Semua klething mau,kecuali klething kuning. Ia mempunyai taktik melumuri pipinya dengan kotoran/tai sehingga yuyu kangkang tidak mau menciumnya tapi tetap membantunya menyebrang. Akhirnya ande2 lumut memilih klething kuning untuk menjadi istrinya. Padahal saat itu klething kuning berpakaian kumuh dan tidak cantik.Tapi ia tahu klething kuning mempunyai sifat dan sikap yang baik dibanding saudara2nya. Hikmah dari cerita tersebut adalah dimanapun, kapanpun, bagaimanapun kondisinya, kita tetap harus menjaga harga diri kita Dan dont judge people by their cover.

 

Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Terima kasih kepada para peserta. Selamat kepada para pemenang, ikuti program kami berikutnya.