Profesi akuntansi memiliki peran yang sangat penting demi keberlangsungan bisnis. Bahkan fungsi akuntansi turut menentukan eksistensi dari sebuah organisasi. Mengingat posisi vital demikian, maka profesi ini perlu dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip etis. Dalam hal ini profesi akuntansi memerlukan etika.

 

Buku ini membicarakan hal-hal penting dalam menjalankan profesi akuntansi. Hal-hal penting itu meliputi pengetahuan yang tepat serta langkah-langkah yang tepat dalam pengambilan keputusan, argumen-argumen etis dalam mengambil keputusan, serta prinsip-prinsip etis yang harus diemban oleh seorang akuntan dalam menjalankan tugasnya meliputi: tanggung jawab moral, independensi, integritas, objektivitas, kepentingan publik, dan konfidensialitas.

 

Buku berjudul "Etika Profesi Akuntansi" ini secara jelas mengisyaratkan bahwa yang dibahas di dalamnya adalah prinsip-prinsip etika yang perlu dijalankan oleh para pekerja di bidang akuntansi. Buku ini terdiri dari lima bagian. Bagian Satu merupakan pengantar untuk mengenal kedudukan akuntansi sebagai profesi dengan memperlihatkan tahapan perkembangan dalam skala global dan nasional. Bagian yang berjudul "Perkembangan Akuntansi sebagai Profesi" ini terdiri dari dua bab, yakni Bab 1 dan Bab 2. Bab 1 mengantar pemahaman tentang hakikat profesi dan argumen-argumen yang memperteguh kedudukan akuntansi sebagai profesi. Bab 2 mengulas tahapan perkembangan pengakuan akuntansi sebagai profesi dengan dinamika sosial dan politik pada masanya.

 

Dalam Bagian Dua di bawah payung Pengertian Etika (Profesi), Norma, dan Kode Etik diperkenalkan pengertian etika dan prinsip-prinsip etika profesi pada umumnya. Bagian ini juga terdiri dari dua bab, yakni Bab 3 dan Bab 4. Dalam Bab 3 dijelaskan secara lebih komprehensif pengertian etika, perbedaan etika dari etiket, dan norma-norma yang melingkupi hidup manusia. Bab 4 membicarakan secara khusus pengertian etika profesi dan prinsip-prinsip etis profesi secara umum serta pentingnya studi etika dalam profesi akuntansi.

 

Bagian Tiga berisikan paparan tentang berbagai perspektif etika. Bagian yang diberi judul “Berbagai Perspektif Normatif ini terdiri dari lima bab, yakni Bab 5 yang mengulas etika egoisme, Bab 6 yang berisikan paparan tentang utilitarisme, Bab 7 yang membicarakan deontologi, dan Bab 8 yang fokus pembahasannya adalah etika keutamaan. Masing-masing bab diberi catatan kritis.

 

Bagian Empat memperluas wawasan tentang bagaimana mengambil keputusan etis dan unsur-unsur yang perlu diperhatikan di dalamnya. Bagian yang diberi judul "Proses Pengambilan Keputusan Etis" ini terdiri dari dua bab, yakni Bab 9 yang mengulas pengertian keputusan etis dan unsur-unsur serta momen-momen yang penting diperhatikan dalam pengambilan keputusan etis dan Bab 10 yang berfokus pada penerapan berbagai perspektif normatif, yakni utilitarisme, deontologi, keadilan, dan etika keutamaan dalam pengambilan keputusan di bidang keakuntansian. Bagian Lima diberi judul "Prinsip-prinsip Etis Profesi Akuntansi". Judul ini mengisyaratkan bahwa fokus pembahasan pada bagian ini adalah sejumlah prinsip etis profesi akuntansi. Pada bagian ini ada enam prinsip etika yang diulas secara mendalam, yakni tanggung jawab yang menjadi pembicaraan dalam Bab 11, independensi di Bab 12, integritas dan objektivitas di Bab 13, kepentingan publik dan konfidensialitas di Bab 14.

 

Buku ini direkomendasikan untuk dipergunakan oleh para mahasiswa dan dosen program studi akuntansi. Selain itu juga para akuntan serta mereka yang berkecimpung di bidang audit keuangan perusahaan.