Apakah agama itu? Dari mana agama berasal? Ada berapa agama besar di dunia? Siapa penyebar agama-agama itu? Apa Kitab Suci suatu agama? Bagaimana ajaran dalam suatu agama? Apa saja hari raya dalam suatu agama? Bagaimana bentuk tempat ibadah suatu agama? Dan masih banyak pertanyaan apa, bagaimana, mengapa, siapa, dan yang lainnya.

 

Mungkin dalam benak Anda muncul pertanyaan-pertanyaan serupa itu. Setelah bertekun beberapa lama, akhirnya kami berhasil mempersembahkan buku Ensiklopedia Agama yang boleh dikatakan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda tersebut. Buku ini kami terjemahkan dari  buku berjudul Encyclopedia of Religion yang disusun oleh Philip Wilkinson dan Douglas Charing dan diterbitkan oleh Dorling Kindersley, London.

 

Ada banyak agama yang berbeda, tetapi buku ini terutama menyajikan agama-agama yang telah dikenal secara luas di seluruh dunia, yaitu tiga agama yang mendapatkan pengikut awalnya di wilayah Timur Tengah (Yahudi, Kristen, dan Islam) dan agama-agama yang berasal dari India (Hindu, Buddha, dan Sikh). Meskipun sangat beragam, agama-agama ini memiliki beberapa karakter yang sama. Misalnya, semua menjelaskan makna dan tujuan hidup dan menyediakan nasihat moral serta petunjuk bagi para pengikutnya.

 

Dikatakan dalam buku ini bahwa agama-agama mengajarkan cara semestinya kita menghayati hidup. Kitab Suci masing-masing agama penuh petunjuk tentang cara memisahkan yang baik dan yang jahat dan cara seharusnya kita bersikap, terutama dalam memperlakukan orang lain. Agama-agama menggunakan istilah yang berbeda-beda tentang hal ini, tetapi sering kali memiliki pesan yang sama. Misalnya, sang Buddha mengajari para pengikut-Nya untuk berbelas kasih, dan Yesus mengajari umat-Nya untuk mencintai musuh.

 

Dengan memahami yang disajikan dalam buku ini diharapkan umat beragama semakin menghayati imannya, mengenal ajaran agama lain, dan saling menghormati pemeluk agama lain. Jika memang dikatakan bahwa masing-masing agama menggunakan istilah yang berbeda, tetapi sering kali memiliki pesan yang sama, rasanya tidak semestinya ada yang mempertentangkan ajarannya dengan ajaran agama lain.

 

Mengerjakan buku ini cukup menguras energi dan pikiran. Banyak referensi yang harus diacu dan banyak pihak yang harus dilibatkan demi menyajikan informasi yang akurat dan dapat diterima semua umat beragama. Tersajinya buku ini di tangan Anda tidak bisa tidak harus menyebut peran besar beliau Saudara Indro Suprobo (penerjemah), Bapak Abdul Muhaimin (pembaca ahli untuk materi agama Islam), Bapak Effendie Tanumihardja (pembaca ahli untuk materi agama Buddha), dan Bapak Wayan Sumerta (pembaca ahli untuk materi agama Hindu) yang berkenan menyediakan waktu dan perhatiannya.

 

Semoga buku ini dapat menjadi salah satu sumber pemuas dahaga bagi kita yang ingin mendalami ajaran imannya dan mengenal ajaran iman umat lain demi menciptakan kehidupan bersama yang harmonis dan damai.

 

*Lusia Lani S.
Editor buku gerejawi