Berkaitan dengan kesulitan yang dihadapi pelanggan untuk menerbitkan buku-bukunya secara regular, kami tawarkan solusi sebagai berikut.
 

Kami memiliki layanan Penerbitan Eksklusif yang dikelola dengan sistem Book on Demand. Artinya, layanan ini digunakan untuk menerbitkan karya pengarang sesuai kehendak, kebutuhan, dan kemampuan pengarang. Layanan ini kami buka untuk menjembatani dua kepentingan yang kerap kali berbeda, yaitu:
 

  1. Pengarang yang kompeten menghasilkan karya yang sangat bagus, atas dasar idealisme yang dibangun/dimilikinya, untuk tujuan tertentu yang sudah dipersiapkannya juga. Pengarang ingin agar gagasannya sampai ke pembaca, sesegera mungkin bagaimana pun caranya.
     
  2. Penerbit yang harus menginvestasikan dana puluhan bahkan ratusan juta untuk menerbitkan dan memasarkan karya termaksud, harus memikirkan peluang pasar dan kesesuaian idealisme pengarang dengan idealisme calon konsumen yang akan membeli karya termaksud. Penerbit harus yakin investasinya akan kembali dalam jangka waktu tertentu.

Jika dalam layanan regular penerbit tidak berani berinvestasi karena keterbatasan pangsa pasar atau alasan tertentu lainnya, padahal naskah/karya pengarang diyakini bagus, maka saran yang diberikan adalah layanan penerbitan eksklusif dengan sistem Book on Demand. Melalui layanan ini naskah dari pengarang tetap akan dibantu penerbitannya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan pengarang. Harapannya pengarang mendapatkan keuntungan sebagai berikut :
 

  1. Terbit dalam waktu relatif singkat
  2. Sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengarang
  3. Dijamin kualitasnya oleh Tim Redaksi Kanisius
  4. Diakui sebagai terbitan resmi karena ada penerbit dan nomor ISBN
  5. Biaya relatif murah dan terjangkau

Karena dalam layanan penerbitan eksklusif ini Kanisius hanya memberikan jasa penerbitan, maka seluruh biaya ditanggung oleh pengarang/pemesan dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Pada dasarnya seluruh biaya disesuaikan dengan kebutuhan pengarang/ pemesan.
2. Namun biaya minimal yang perlu disediakan adalah Rp 5.000.000,- plus ongkos  kirim.
3. Jika ketebalan naskah lebih dari 150 halaman, biaya minimalnya:

  • Biaya pencetakan dan penerbitan buku Rp 3.000.000,-
  • Biaya editing Rp 7500,-/halaman
  • Biaya lay-out (desain isi buku) Rp 5000,-/halaman
  • Biaya desain cover Rp 350.000,-
  • Biaya ilustrasi Rp 25.000,-/gambar (jika diperlukan)
  • Biaya kirim (tergantung cara dan kota tujuannya)

4. Pembayaran dilakukan 2 kali, yakni:

  • Pada saat disepakati penggarapan order.
  • Pada saat buku jadi akan dikirim kepada pemesan.
     

Walaupun begitu, terbitan ini secara resmi terdaftar sebagai terbitan Kanisius, sehingga ikatan kerjasama penerbitan antara pengarang dengan Kanisius tetap dilakukan. Di masa depan ada kemungkinan, jika kondisi pasar berubah dan marketing Kanisius mendapat peluang, kepada pengarang ditawari penerbitan regular. Atas hal ini akan dibuat Surat Perjanjian Kerjasama Penerbitan yang baru, atau dibuat addendum.
 

Berikut ini hal-hal khusus lain yang perlu diketahui oleh pelanggan berkaitan dengan kerjasama penerbitan eksklusif ini. Seluruh terbitan eksklusif ini dibiayai oleh pengarang atau pemesan.
 

  1. Harga satuan buku ditentukan setelah format dan ketebalannya dipastikan.
  2. Seluruh terbitan eksklusif ini diserahkan kepada pengarang atau pemesan.
  3. Kanisius menyimpan master cetak dan memegang copyrights sesuai kesepakatan.

Apabila pelanggan tertarik untuk menerbitkan buku melalui layanan Penerbitan Eksklusif ini, silakan menghubungi :

Penerbit-Percetakan Kanisius
Jl. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55281
Telp.: (0274) 588783
E-mail: kanisiusbod@gmail.com; kep@kanisiusmedia.com; redaksikep@gmail.com
Erdian: erdianbod@gmail.com, Hp 0813-9334-5637;

 

Semoga informasi tentang peluang ini makin menyemangati para pengarang/ pelanggan untuk membuahkan karya-karya tulis yang lebih banyak lagi.